Posted in Materi

Besaran dan Satuan dalam Fisika

Assalamualaikum readers …

Aku balik lagi nih, kali ini aku pengen flashback materi fisika yang dulu – dulu banget pas aku masih pake seragam putih biru. *Hahaha bilang aja SMP kaleeee
Okeyy … jadi gini, di Fisika sendiri itu ada dua besaran yang harus kalian ketahui gankss

PERTAMA : Besaran Pokok
Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan secara internasional atau biasa kita sebut SI (satuan internasional). Besaran pokok sendiri terdiri dari tujuh besaran. Diantaranya yaitu :

Besaran Satuan Lambang
Panjang Meter m
Massa Kilogram kg
Waktu Sekon s
Kuat Arus Ampere A
Intensitas Cahaya Candela Cd
Jumlah Zat Mol mol
Suhu Kelvin K

Sedikit cerita nih gankss, kadang – kadang ada orang yang bilang gini “wey broo .. berat badan gw naik nih 10 kg” misal. Aku ingetin nih yaa .. itu salah banget. Seharusnya dia bilang “wey broo .. massa tubuh gw naik nih 10 kg” itu baru benar ya gankss. Besaran pokok diatas adalah yang sering digunakan di berbagai negara. Jadi .. dulunya nih ya, orang – orang belum tau satuan apa yang tepat untuk digunakan di kehidupan sehari – hari. Orang – orang dulu masih menggunakan satuan yang belom baku nih gankss, seperti untuk mengukur panjang suatu benda mereka masih menggunakan satuan depa, jengkal. Kalo mereka mau ngukur diameter pohon misalnya, mereka mengumpulkan beberapa orang untuk memeluk pohon itu untuk menentukan panjang diameternya nih gankss. okey .. kita next ya ke besaran selanjutnya 🙂

KEDUA : Besaran Turunan
         
Besaran Turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari satuan besaran pokok. Jadi biar gampang ngingetnya nih gankss, kalo besaran turunan itu penggabungan dari dua jenis satuan yang terdapat pada besaran pokok. Jadi kalian jangan bingung kalo dikasih pertanyaan sama guru kalian tentang besaran – besaran fisika ya gankss. Nih Aku kasih tau beberapa contoh besaran turunan ya gankss, diantaranya yaitu :

besaran-turunan-dan-satuannya

Nah gankss kira – kira kayak gitu materi yang akan kalian dapatkan di sekolah untuk intermezo mengenai Fisika. Gampang kan?? InsyaAllah gampang ya gankss hehe 🙂 Don’t Scared for study Physyc. Aku yakin kalo kalian udah jatuh cinta diawal, pasti sampai akhir pun kalian akan tetap cinta. Seperti aku sama dia aaa *syudududu 😀 … jadi ngelantur. Sampai sini dulu ya gankss .. Don’t forget to share it with your friend 🙂 🙂 🙂

Wassalamualaikum readersss …..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s